Senin, 03 Januari 2011

Word Detection bahasa Indonesia (mendeteksi kata yang salah di Office 2007)

Apa anda pernah sering melakukan kesalahan waktu mengetik di word? tentu sering, apa lagi saat waktu kepepet ngerjain tugas yang banyak dengan kata yang harus diketik. Ternyatar word telah menyediakanf itur khusus yang pasti akan membantu anda dalam mengetik serta membetulkan kata yang sedang di ketik secara otomatis. 
Contoh:
ketika anda ingin mengetik kata "buku", tetapi anda malah mengetik "bku: (karena terlalu cepat mengetik), maka word 2007 akan mendeteksi kata yang salah tersebut sebagai kata yang salah dan diberi tanda dengan memberi garis bawah bergelombang berwarna merah ,.
solusinya adalah..
1. anda memerlukan file costum,dic. apaan tuh?
   (file costum.dic adalah file berbentuk text berformat DIC (dictioanary) yang menyimpan data berupa kata-kata berbahasa Indonesia bisa di download disini)

2. masukan file custom ke dalam fitur yang telah disediakan di office 2007, masuk ke "costumize quick acess toolbar

3. Masuk ke "proofing--> custom dictonaries..
4. kemudian klik "add" untuk menambahkan file custom




5. setelah anda upload,. maka file custom anda akan ada 2, yang pertama file custom dictioanry berbahasa inggris, dan yang kedua (yang anda upload) file dictionary berbahasa Indonesia. (agar file tidak mereplace file custom yang sudah ada, sebelum anda upload filenya, di ganti  dahulu namanya menjadi "custom1.dic")

6. klik "ok"
7. SELESAAAAiiii....

maka Office anda sudah dapat mendeteksi word berbahasa Indonesia!
untuk mengecek, gunakan cara yang di atas, anda mengetik kata "Bku" (buku), karena salah, anda ingin membetulkan secara otomatis, anda tinggal meng klik kanan. Kalau ada list dictioanry berbahasa Indonesia, maka anda sudah berhasil


Catatan:
Untuk mempermudah merefisi kata yang salah, anda ketik dahulu semua yang akan di ketik, setelah selesai anda klik F7 untuk menyeleksi kata yang salah.

selamat mencoba!





0 komentar:

Posting Komentar

coment2 yang sehat aja ok..

Artikel Populer

Diberdayakan oleh Blogger.